Eksotisme Pulau Pamutusan, Raja Ampat nya Padang


Pamutusan island

Pamutusan island

Menikmati liburan bersama keluaraga dan kerabat di akhir pekan tentu  menyenangkan untuk sekedar melepas penat. Sebagian kita menikmati liburan dengan cara beragam: berkumpul dengan keluarga di rumah atau menikmati destinasi wisata nan indah dan tenang. Di Sumatera Barat, banyak pilihan destinasi yang bisa dinikmati di penghujung pekan dengan beragam tema–menikmati keindahan alam pegunungan hingga eksotisme laut biru di tepian pantai barat Samudera Hindia. Belakangan, konsep wisata pantai mulai digandurungi banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan

Pulau-pulau tropis yang menawarkan kehangatan matahari tropis sepanjang tahun bisa dinikmati dan mudah dijangkau. Pulau Sikuai, Pulau Pasumpahan, menjadi salah satu alternatif dan menjadi pilihan utama wisatawan asing yang ingin menikmati pasir putih dan laut biru Samudera Hindia.

Pulau - pulau Padang

Pulau – pulau Padang

Tapi, bukan hanya pulau-pulau tersebut yang memberikan nuansa alam laut nan memanjakan mata. Pulau Pamutusan, salah satunya. Pulau ini sering terlewatkan begitu saja karena sebelumnya hanya dimanfaatkan para nelayan tradisional untuk singgah lego jangkar sesaat melepas penat.

Pamutusan island (2)

Pamutusan island (2)

Pulau Pamutusan memberikan pemandangan eksotis yang tak kalah anggunnya dibanding dengan Raja Ampat, Papua, yang kesohor ke seluruh penjuru. Pulau Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau ini bisa ditempuh dengan satu jam perjalanan dari Kota Padang menggunakan kapal kecil dari Pelabuhan Muaro. Pulau dengan luas 8 hektare ini memiliki pasir putih yang deipagari pohon kelapa dan tanaman mangrove. Gundukan perbukitan hijau menghiasi kemolekan pulau kecil yang belum tersentuh wisatawan.

tampak atas

tampak atas

Jika beruntung, saat pasang surut, pulau ini akan terhubung dengan daratan induk sehingga pulau ini akan terlihat seperti daratan yang menjorok ke laut (tanjung). Saat pasang kembali tinggi, daratan seluas delapan hektare ini akan terlihat sebagai pulau. Kejadian alam ini yang membuat masyarakat setempat menamainya Pulau Pamutusan yang artinya terputus dari daratan. Pulau ini menawarkan spot-spot cantik dengan hamparan pemandangan nan asri dan indah. Perlu sedikit usaha untuk mendapatkan spot cantik ini dengan sedikit tracking mencapai puncak bukit. Dari ketinggian, mata kita akan dihadiahi hamparan laut biru dan gundukuan pohon kelapa yang saling bertautan membuat gugusan. “Awalnya pulau ini hanya digunakan sebagai tempat istirahat bagi nelayan,” kata salah seorang penjaga pulau. Tidak cukup rasanya jika ke pantai tanpa menyelami keindahan alam bawah air. Di sini, pengunjung disuguhi dengan pemandangan biota laut dan terumbu karang yang masih terjaga keindahannya. Deretan ikan hias dan terumbu karang di dasar laut di sekitar Pulau Pamutusan menjadi daya tarik nan menggoda para wisatawan untuk menyelaminya lebih lama. Bagi Anda penggemar snorkling, Pulau Pamutusan cukup memberi kepuasan di akhir pekan. Bagi penggemar tracking, landscape di pulau kecil ini cukup untuk membangkitkan adrenalin untuk mencapai puncak. Waktu 10 menit cukup bagi Anda untuk mencapai puncak tertinggi di pulau tersebut dengan berjalan kaki. Penat akan terbayar saat semelir angin perbukitan dan hamparan luas Samudera Hindia terpampang di mata Anda. Onggokan pulau-pulau kecil di hamparan pantai barat ini mengingatkan pengunjung ke Raja Ampat ala Padang nan sayang dilewati tanpa diabadikan dengan kamera kesayangan. Pengunjung bisa menikmati Pulau Pamutusan dari kejauahan serta deretan pulau-pulau berpasir putih yang seakan mengepung daratan Kota Padang. Vila dengan fasilitas sekelas hotel bintang lima ini memberi kenyamanan dan menghilangkan kepenatan selama berkunjung ke Pulau Pamutusan. Jika ingin menikmati keindahan dan suguhan hiburan malam di tengah kota, banyak pilihan hotel yang menawari Anda untuk menikmati Kota Padang. sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s