Nuansa magis Danau Kembar Solok


Kabupaten Solok merupakan wilayah yang memiliki danau-danau indah. Daerah hijau dan subur ini berada pada ketinggian 400-1.700 mdpl dan memiliki empat buah danau, yaitu Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diateh (Diatas), dan Danau Dibawah. Dua danau terakhir disebut sebagai Danau Kembar karena hampir sama luasnya dan letaknya berdekatan.

Danau Di Atas

Danau Di Atas

Danau Kembar terletak di Kabupaten Solok, tepatnya di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang. Lokasi WISATA danau ini sangat strategis dan terletak di atas ketinggian sehingga suhu udaranya sangat dingin. Pegunungannya yang dibalut kabut dan aktivitas petani kol, kentang, cabe, dan aneka sayuran lainnya menjadi menjadi pemandangan tersendiri yang khas.

Alahan Panjang memiliki udara yang cukup dingin bahkan saat siang hari sekalipun. Anda akan melihat pemandangan yang biasa di sini dimana masyarakatnya mengenakan kain sarung.

Dari kota WISATA PADANG, Danau Kembar berjarak sekitar 65 km melewati jalan tanjakan dan tikungan. 15 km perjalanan meninggalkan pusat kota Padang maka Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, hutan, dan jurang yang curam. Begitu sampai di Lubuk Selasih, sekitar 35 km dari pusat kota Padang, Anda berbeloklah ke kanan untuk menuju arah Solok Selatan untuk menikmati suguhan aroma daun teh segar di antara hamparan perkebunannya yang membentang luas.

Danau Kembar Alahan Panjang

Danau Kembar Alahan Panjang

Dari puncak bukit Anda akan melihat kilatan ikan berenang di Danau Dibawah.

Danau Diatas dan Danau DiBawah sering disebut juga sebagai Danau Kembar. Meskipun disebut kembar, keduanya sungguh berbeda baik luas, bentuk, maupun ketinggiannya. Uniknya danau yang letaknya lebih tinggi itu disebut Danau Di bawah. Keduanya berada saling berdampingan di jajaran Bukit Barisan. Jarak di antara keduanya hanya sekitar 300 meter sehingga disebutlah Danau Kembar.

Anda yang hobi memancing bisa menyalurkannya di sini. Anda juga bisa melihat Gunung Api Talang yang masih aktif. Kawasan Danau Kembar juga memiliki agroturis yang luas dan khas, seperti perkebunan teh, markisa, dan sayur-mayur. Di kawasan ini juga tersedia wisata outbond, tracking, olah raga air, dan kegiatan rekreasi lainnya. Sepulang menikmati panorama Danau Kembar, Anda dapat membeli beraneka ragam jenis bunga di sekitar danau.

Danau di Ateh dan Danau di Bawah

Danau di Ateh dan Danau di Bawah

Keperawanan alam dan keaslian budaya masih kental di daerah ini.  Bila Anda datang dari arah Solok maka bisa langsung menuju Danau Dibawah dari Terminal Bareh Solok. Jalannya memang sedikit sempit namun pemandangannya sangat mengagumkan. Hutan pinus, perkebunan teh dan lembah akan Anda lewati. Sekitar 3 jam perjalanan, Anda akan sampai ke danau pertama, yaitu Danau Diatas.

Danau Diatas adalah danau yang lebih besar dibanding satunya. Terdapat sebuah dermaga kayu kecil di sana. Tempat ini menyajikan pemandangan danau yang alami dengan air yang bening. Pohon-pohon pinus yang tumbuh di tepian membuatnya seakan dijaga pagar alami.

Setelah menikmati Danau Diatas, Anda bisa menuju arah Timur untuk menjumpai Danau Dibawah. Danau Dibawah berjarak kira-kira 1 km di tempat yang terletak lebih tinggi. Danau tersebut dinamakan Danau Dibawah karena ketika melihatnya, danau tersebut terletak di bawah Anda. Anda harus berjalan ke tempat yang lebih tinggi untuk melihat danau ini. Kontur daerah Alahan Panjang yang berbukit-bukit, membuatnya seperti mangkuk hijau raksasa. Panorama yang disajikan di sini tak kalah indahnya sambil menikmati buah markisa yang banyak dijual di sepanjang jalan.

Danau Kembar merupakan danau vulkanik besar yang terletak tidak berjauhan dan hampir berdampingan karena dipisahkan oleh sebuah bukit yang menjulang di antara keduanya. Keindahan kedua danau ini bisa Anda saksikan dari puncak bukit tersebut. Apabila Anda perhatikan dari atas bukit tersebut maka terlihat posisinya yang lebih dibawah adalah Danau Diatas dan sebaliknya Danau Dibawah jauh lebih di atas ketimbang kembarannya. Akan tetapi bila diukur maka Danau Diatas lebih tinggi posisinya.

Ikan-ikan di Danau Dibawah jarang ditangkap sehingga ukurannya besar dan jumlahnya cukup banyak. Dari puncak bukit Anda akan melihat kilatan dari ikan berenang di Danau Dibawah.

Danau Kembar memiliki nuansa magis ditambah budaya masyarakat setempat yang terkenal kental dengan ilmu mistisnya. Bahkan ilmu mistis masyarakat Danau Kembar  sudah terkenal di Kabupaten Solok. Banyak yang datang ke daerah ini untuk belajar ilmu kebatinan atau belajar silat yaitu silek pakieh rabun atau silek luncue.

Iklan

One thought on “Nuansa magis Danau Kembar Solok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s