Jangan lupa Untuk menyaksikan ritual Tabuik di Kota Pariaman


Jangan lupa saksikan ritual yang sudah di gelar sejak ratusan tahun silam di kota Pariaman mengenang tewasnya cucu nabi Muhammad SAW Hasan,Hosen di syiah Karbala dalam acara Hoyak Tabuik.

Tabuik Zaman dahulu

Tabuik era dahulu

Pesta budaya Tabuik adalah rangkaian dari ritual demi ritual yang berlansung pada 1-10 Muharam di kota Pariaman, di Iran untuk memperingati tewasnya cucu nabi Muhammad SAW ini di gelar dengan ritual yang bernama Ta’ziah.

Di kota Pariaman rangkaian Prosesi Tabuik di peringati dengan duka cita. duka karena terbunuhnya Hasan,Hosen di padang karbala, suasana duka tercermin pada ritual ‘Maatam” di mana pada prosesi ini beberapa orang anak tabuik meratap sambil mengelilingi Daraga tempat penyimpanan jasad Hasan,Hosen yang di lambangkan dengan seonggok tanah yang terletak dalam periuk tanah bertungkuskan kain putih.

Suasana Tabuik Tempo doeloe

Suasana Tabuik Tempo doeloe

Suka karena datangnya Buraq sejenis kuda terbang yang turun dari langit membawa peti yang menyimpan jasad Hasan,Hosen dan membawanya terbang ke atas langit menghadap tuhan, prosesi ini tercermin dalam ritual Hoyak tabuik yang menampilkan semangat kegotongroyongan mengusung, menghoyak jasad Hasan,Hosein serta melarungnya ke laut, peti jasad Hasan,Hosen itu di lambangkan dalam bentuk Tabuik yang mempunyai tinggi sampai 15 meter yang terbuat dari Kayu, Bambu, dan rottan yang dihias dengan sangat menarik, prosesi ini di riuhkan dengan suara musik perkusi Gandang-Tasa yang sangat membakar semangat anak Tabuik untuk menghoyak Tabuik.

Acara Tabuik Piaman

Acara Tabuik Piaman

Pada puncak acara ritual Tabuik yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 25 November besok, kota pariaman biasanya di penuhi lautan manusia yang berkumpul di lokasi pusat kota pariaman sampai pantai Gandoriah, di perkirakan pada saetiap puncak acara ini lokasi pusat kota pariaman di padati ratusan ribu manusia, bahkan pemko pariaman pernah melansir jumlah orang yang datang dan berkumpul pada acara hoyak tabuik mencapai angka 250 ribu orang, jumlah yang sangat fantastis untuk kota pariaman yang berpenduduk hanya 80 ribuan jiwa.

wisata-tabuik

wisata-tabuik

Tabuik sering juga di hoyak di kota2 besar di indonesia yang di selenggarrakan PKDP (persatuan keluarga daerah pariaman) seperti kota Pekanbaru, Palembang, Jakarta Dll.
bahkan Tabuik Pariaman pernah di bawa ke Amerika mewakili kebudayaan Indonesia pada “Cherry blossom festival” agenda tahunan kota Washington DC yang menampilkan perwakilan atraksi budaya negara2 dari seluruh dunia.

Tabuik di Amerika

Tabuik di Amerika

tabuik di washington Amerika

tabuik di washington Amerika

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s