Berwisata Alam ke Gunung Marapi Sumatera Barat


 

Gunung Marapi – merupakan gunung paling aktif di Sumatera. Selain itu, gunung yang tampak selalu mengeluarkan asap putih ini, menjadi tujuan pendakian para wisatawan yang berasal dari dalam negeri, maupun luar negeri.

Bahkan ada animo yang sempat berkembang bahwa, belum lengkap seseorang itu menjadi masyarakat Minangkabau jika belum mendaki gunung ini, hal ini karena adanya kepercayaan bahwa nenek moyang mereka berasal dari lereng gunung tersebut.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi dari gunung ini bisa dilihat dengan jelas dari Kota Bukit Tinggi, selain itu, untuk menuju start awal pendakian atau Desa Koto Baru, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit dengan menggunakkan kendaraan. Anda bisa menggunakkan angkutan umum ataupun menggunakkan kendaraan pribadi.

Untuk angkutan umum sendiri, anda bisa menggunakkan bus ataupun travel menuju Koto Baru. Ongkos angkutan ini sekitar Rp 15.000*) – Rp 20.000*). Begitupun jika anda menggunakkan kendaraan pribadi, anda bisa langsung menuju Pasar Koto Baru yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Setelah tiba di Desa Koto Baru, anda bisa menentukan wisata anda, ingin mendaki, atau hanya menikmati panorama alam keindahan Gunung Marapi dan Gunung Singgalang dari bawah.

Wisata

Untuk anda yang berwisata menikmati keindahan Gunung Marapi yang memiliki ketinggian 2891 Mdpl dari bawah, anda akan disuguhkan keindahan panorama alam puncak marapi yang tampak mengeluarkan asap putih.

Selain itu, Gunung Singgalang yang berada tak jauh dari Gunung Marapi juga bisa anda nikmati. Tak hanya view gunung-gunung tersebut, anda juga bisa melihat langsung perkebunan milik warga. Diantaranya perkebunan cabe, sayur, bawang, dan lain sebagainya. Selain itu, udara pegunungan yang sejuk, tentunya menambah kenyamanan wisata anda.

Untuk masalah penginapan, anda tak perlu khawatir, karena lokasi dari Gunung Marapi cukup dekat dengan Kota Bukit Tinggi yang memiliki banyak penginapan ataupun hotel. Selain itu, sepanjang perjalanan anda, ada banyak restoran maupun rumah makan terutama rumah makan padang yang bisa anda datangi untuk mengisi perut anda.

Selain itu, anda juga bisa menemukan pasar Koto Baru yang bisa anda gunakkan untuk berbelanja, ataupun menyiapkan logistik untuk anda yang berniat mendaki.

Untuk wisatawan yang ingin mendaki hingga ke puncak gunung ini, anda bisa langsung menuju pos pendakian atau Pos MAC (Marapi Adventure Camp). Untuk menuju pos ini, jalan masih berupa aspal dengan pemandangan lahan penduduk.

Dengan berjalan kaki bisa ditempuh dengan 30 atau 60 menit perjalanan. Setelah melakukan pendataan, anda bisa langsung melanjutkan perjalanan ataupun beristirahat sebentar disini.

Setelah melanjutkan perjalanan, selanjutnya anda akan memasuki wilayah dengan vegetasi hutan pinus ketika akan menuju ke Pesanggrahan yang berada di ketinggian 1550 Mdpl. Dalam perjalanan anda menuju Pesanggrahan, anda bisa menemukan sumber air di ketinggian 1450 Mdpl.

Dari Pesanggrahan, tujuan anda selanjutnya adalah cadas yang berada di ketinggian 2500 Mdpl. Trek sudah cukup menanjak baik tanjakkan ringan maupun terjal. Vegetasinya bergantian dari hutan sekunder menjadi hutan primer, hingga kembali menjadi sekunder. Barulah kemudian mulai terlihat dominasi dari bebatuan gunung. Dalam perjalanan menuju Cadas ini, anda bisa menemukan sumber air pada ketinggian 1750 dan 2275 Mdpl.

Perjalanan selanjutnya langsung menuju ke puncak marapi yang berada pada ketinggian 2757 Mdpl. Trek tetap melewati jalur yang terjal dan dalam perjalanan menuju puncak marapi anda akan disuguhi dengan pemandangan yang berbatu dan pasir vulkanik.

Anda juga akan menemukan kawah mati serta kawah aktif yang memiliki ukuran cukup besar. Gunung ini memiliki empat buah kawah aktif. Di Puncak Marapi ini, anda akan menemukan sebuah tugu yang dinamai Tugu Abel. Anda juga akan melihat tumbuhnya bunga-bunga edelweiss disini.

Nah, selanjutnya anda bisa menuju puncak tertinggi Marapi yang disebut dengan Puncak Merpati dengan ketinggian 2891 Mdpl. Trek yang akan anda lalui berupa turunan dan tanjakkan yang cukup terjal. Dalam perjalanan menuju Puncak Merpati, perjalanan anda akan didominasi oleh bebatuan vulkanik, kerikil, serta pasir vulkanik.

Dalam kondisi normal, untuk mencapai puncak ini, akan memakan waktu sekitar 5 jam perjalanan. View dari atas puncak cukup menakjubkan, anda bisa melihat Gunung Singglang, Gunung Kerinci yang ada di Provinsi Jambi, Danau Maninjau, serta Kota Bukit Tinggi dari atas. Bahkan, anda bisa melihat hamparan samudra hindia dari kejauhan di atas puncak gunung ini.

Tips
1. Siapkan perlengkapan yang akan anda bawa untuk keselamatan selama pendakian.
2. Jika anda ingin berkemah atau camping di Gunung Marapi, sebaiknya ambil lokasi cadas.
3. Jika anda ingin menyaksikan sunrise dari gunung ini, sebaiknya ambil waktu pendakian dimulai sejak subuh.
4. Bawalah perlengkapan secukupnya dan perlengkapan yang diperlukan saja agar tidak memberatkan perjalanan ataupun pendakian anda.

Gunung ini selalu ramai dikunjungi para pendaki terutama dari masyarakat lokal sendiri. Apalagi jika akhir pekan ( week end ) maupun hari-hari libur lainnya. Pemandangan yang ditawarkan dari sekitar gunung ini pun cukup mempesona para wisatawan. Jadi, sempatkan kunjungan anda menuju Gunung Marapi ketika anda berkunjung ke Bukit Tinggi.

untuk paket wisata alam anda dapat mendaftarkan diri dan rombongan ke contact Us kami atau via email, WhatsApp, chat facebook, call telpon.
Selamat berwisata! dan salam Adventure

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s