Bukittinggi West Sumatera


Bukit Tinggi, bukit yang tinggi secara harfiah berarti, adalah pusat budaya bagi masyarakat Minangkabau. Terletak di Sumatera Barat pada 1 derajat sebelah selatan khatulistiwa dan 930 m di atas permukaan laut yang terletak di Lembah Agam. Sementara Padang adalah pusat komersial, pendidikan dan administrasi modern provinsi, Bukittinggi adalah pusat kebudayaan dari dunia Minang.

Limpapeh

Main jalan melalui Bukittinggi

Secara historis Minangkabau adalah makna masyarakat matriarkal bahwa wanita memerintah bertengger. Tanah dan kepemilikan rumah selalu diberikan pada wanita.

djamgadang

Tanah air kuno Minangkabau – yang luak nan tigo atau ‘tiga lembah’ barat Sumatera bagian tengah adalah daerah dataran tinggi yang indah dari sawah yang subur, gunung berapi menjulang dan danau kawah yang spektakuler.

bukittinggizoo

Minangkabau mendapatkan nama mereka dari dongeng-dongeng lama dari Sumatra Barat ditantang untuk berkelahi banteng oleh penjajah Jawa. Minang berarti untuk menang dan Kabau berarti banteng. Baca dongeng-dongeng penuh di sini. Masih hari penduduk setempat menikmati hari yang baik keluar menonton adu banteng tersebut. Untuk informasi lebih lanjut cek halaman ini.

jam-gadang1

Di tengah-tengah Bukittinggi adalah menara jam (Djam Gadang). Dibangun pada tahun 1926 jam adalah hadiah dari Ratu Belanda. Ketika pertama kali dibangun menara memiliki kubah atas meskipun ketika Indonesia merdeka atas diganti dengan simbol tanduk buffulo, simbol dari orang Minangkabau.

Djam gadang di pusat Bukittingi

Bukittingi dikelilingi oleh pegunungan. Dari Bukittinggi Anda dapat melihat ke Gunung Singgalang (2880m) dan Gunung Marapi (2891m), biasanya puncak diselimuti kabut dan awan. Dekat dengan kota juga Gunung Gago dan Gunung Pasaman. Gunung Marapi merupakan gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada tahun 2004. Hal ini umumnya terlarang untuk mendaki. Beberapa orang masih mendaki gunung berapi yang bisa memakan waktu sekitar 5 jam untuk sampai ke puncak.gunungsinggalang

Lihat ke Gunung Singgalang dari Hills Hotel Bukittingi

Pada Bukkittinggi ada sisa-sisa benteng tua de Kock yang dibangun oleh Belanda selama Perang Padri (1821-1837). Ada hanya tetap parit pertahanan dan meriam berkarat beberapa. Situs ini dibangun di puncak bukit yang menawarkan beberapa pandangan yang sangat baik atas kota dan pedesaan sekitarnya.

lobangjepang

Di seberang dari Fort de Kock adalah sebuah museum dan kemudian dihubungkan dengan jembatan gantung adalah alasan yang buruk untuk kebun binatang. Kebun binatang ini mengandung 2 Gajah Sumatera dirantai pada kaki, 3 Sumatera Orangutan (2 laki-laki dan 1 perempuan), 1 harimau sumatera, unta 1, 2 matahari-beruang, rusa beberapa, 2 monyet, siamang 3, 5 buaya dan berbagai kecil hewan. Sayangnya kandang hewan yang penuh dengan sampah dilemparkan oleh penduduk setempat mencoba untuk bersikap baik dengan memberi makan mereka dengan keripik, permen, botol plastik dan kaleng aluminium.

panoramamonkeys

Gajah di kebun binatang Bukittingi

Hanya di pinggiran selatan Bukkitinngi adalah Panorama Park hanya 2 km dari pusat kota. Di sini Anda akan mendapatkan pemandangan Canyon Sianok yang mendalam.

Panarama Taman dengan pemandangan Ngarai Sianok Bukittingi

Juga dari taman Anda dapat memperoleh akses ke jaringan luas gua (Lubang jepang) yang dibangun oleh Jepang selama Perang Dunia II pada tahun 1942 dengan menggunakan tenaga kerja budak. Pintu masuk ke taman dan gua yang 3000Rp. Ada rombongan monyet jinak di sekitar taman baik makan oleh para wisatawan.

Lubang jepang, Jepang Gua Bukittingi Di dalam gua Jepang Bukittingi

Monyet di Taman Panaroma

sianokcanyon

Selanjutnya Panorama Park adalah Museum Militer dengan koleksi foto dan artefak dari perang kemerdekaan dari Belanda, percobaan kudeta komunis pada tahun 1965 dan dari perang Indonesia melawan gerilyawan Fretilin di Timor Timur.

Lihat ke jalan utama dari Bukittingi

Di Jl. Soekarno – Hatta adalah rumah di mana Presiden Soekarno lahir dan dibesarkan sebelum menjadi Presiden, menyatukan Indonesia dan mendapatkan Independence.

Tarian tradisional dan musik dari Minangkabau dapat dilihat di pusat Budaya setiap malam. Terletak di jalan yang menghubungkan Jl Sudirman dan Jl M Yamin.

Indah Danau Maninjau merupakan salah satu setengah jam perjalanan dengan bus (38km), dan ada banyak rumah-rumah tamu danau murah. Untuk sampai di sana pergi ke terminal bus di Bukittinggi dan ada bus reguler akan Danau Maninjau. Biaya adalah 13.000 Rp.

Bukit Tinggi terletak tepat di sebelah selatan khatulistiwa. Sebuah penanda terletak di jalan raya menandai mana khatulistiwa berjalan.

Equator pengunjung Bukittingi

Ada Sanctuary Rafflesia di Rimba Pati Cagar Alam sekitar 16km utara dari Bukkittinggi. Bunga-bunga mekar dari bulan Agustus sampai November.

Taman Wisata Ngalau Kamanga adalah 15km gua 1500m utara-timur dari Bukkittinggi yang memiliki contoh besar stalaktit dan stalagmit. Gua ini digunakan oleh gerilyawan Sumatera untuk memulai serangan melawan Belanda di abad 19 dan 20.

Padang adalah 90kms, 3 jam perjalanan dengan bus dari Bukittinggi di mana Anda bisa mendapatkan feri Pelni ke Jakarta, Sibolga atau Kepulauan Mentawai.

Antara Bukittinggi dan Jambi merupakan gunung terbesar di Sumatera, Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif (3805m).

Lembah Anai Cagar Alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s