Sumatera Barat dan Liburan yang Rancak Bana!


Serius, inilah saatnya kita berlibur ke Sumatera Barat. Dari pantai sampai gunungnya menawarkan aneka pesona untuk segala jenis penikmat liburan. Lebih dari sekadar rendang atau jam gadang, Ranah Minang adalah destinasi sempurna untuk liburan yang rancak bana!

Istana Pagaruyung
Jangan pisah-pisahkan Padang, Bukittinggi, Sawahlunto, Danau Maninjau atau Pulau Mentawai. Mereka adalah keping puzzle yang akan terlihat indahnya ketika disatukan. Sumatera Barat akan menjadi destinasi liburan yang sempurna di bagian barat Indonesia.

Budaya Minang yang khas menjadi benang merah yang membuat liburan ke Sumatera Barat menjadi penuh warna dan berbeda dengan destinasi lainnya di Indonesia. Mereka yang selama ini cuma tahu masakan Padang, silakan datang sendiri ke tempat asalnya untuk sensasi liburan yang luar biasa.

Rendang yang lezat memang sudah mendunia namanya. Kuliner menjadi salah satu magnet wisatawan domestik dan internasional. Seporsi sate padang Mak Syukur, seporsi Nasi Kapau, atau sekantung Keripik Balado bisa membuat wisatawan jauh-jauh datang kemari. Tapi Sumatera Barat tidak hanya memanjakan perut wisatawan.

Coba manjakan mata dengan indahnya Danau Maninjau yang dilihat dari Kelok 44. Danau Singkarak pun mempesona. Atau, mungkin debur ombak dan indahnya pantai yang Anda suka. Kalau begitu, Sumatera Barat masih punya pantai yang sempurna di Pulau Sikuai.

Penikmat budaya dan sejarah pun akan menemukan surganya di sini. Datanglah ke Bukittinggi dan berkeliling untuk menikmati Jam Gadang, dan berkunjung ke Rumah Bung Hatta. Jangan lupa pula untuk mengagumi megahnya Istana Basa Pagaruyung di Tanah Datar, untuk menikmati jejak kerajaan di masa silam.

Untuk urusan belanja, tidak usah ditanya. Sumatera Barat punya ratusan cara untuk membuat Anda berbelanja. Ayo keluar masuk pasar dan toko, jajal kemampuan bahasa Minang Anda untuk berceletuk “Bara pasnyo? Kuranglaah saketek. Onde mande!” Dijamin Anda akan kagum dengan keramahan orang-orang Minang. Senyum tersungging, harga miring pun didapatkan. Ada apa saja?

Ranah Minang punya Songket di Bukittinggi, harganya dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Ada pula kain sulam karancang yang manis. Miniatur rumah gadang, gantungan kunci dan pajangan lain bertema Minang, cocok untuk oleh-oleh handai taulan. Kalau mereka penikmat makanan, bawalah pulang beberapa kantung keripik balado. Nyamm!

Kalau Anda berpikir ke Sumatera Barat hanya untuk belanja, makan enak, jalan-jalan dan menikmati pemandangan, jangan salah. Sumatera Barat juga punya destinasi favorit para turis asing penggemar petualangan: Surfing! Pulau Mentawai memanjakan mereka dengan puluhan tempat yang sempurna, untuk membelah ombak dengan papan selancar.

Ranah Minang menjanjikan liburan berkesan dan berbeda dengan liburan ke tempat lain di Indonesia. Orang-orangnya, makanannya, alamnya, semua akan mempesona Anda. Saat Anda pulang dari liburan ke Sumatera Barat dua kata akan terucap: Rancak bana! Sumatera Barat memang oke banget!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s