Wisata Kuliner Kab.Tanah Datar


2011-02-10 10:02:37

Wisata Kuliner Kab.Tanah Datar

Kab.Tanah Datar dengan ibukotanya Batusangkar adalah salah satu dari 19 Kab/Kota di Prov.Sumbar, selain memiliki objek wisata juga memiliki wisata kuliner yang enak untuk dicicipi. Yuk …. kita lihat apa saja wisata kuliner di Tanah Datar Luhak Nan Tuo ini ?

1. Lamang Tapai.

 

Lamang adalah makanan khas Kab.Tanah Datar yang terbuat dari ketan putih yang dimasak dalam wadah sebuah tabung bambu , lamang biasanya disajikan dengan Tapai yang terbuat dari ketan hitam.

 

 

 

2. Randang Baluik

Randang Baluik ( rendang belut ) adalah makanan yang terbuat dari belut yang telah dicampur-rempah, yang pembuatannnya sama dengan rendang daging. Randang Baluik hanya ada di Kecamatan Sungai Tarab, Tanajung Emas, dan Lima Kaum.

 

 

3. Dadiah.

Dadiah adalah makanan yang berasal dari susu murni kerbau yang disimpan dalam tabung bambu, rasanya yang khas dan disajikan dengan ampiang dan gula enau.

 

 

4. Daun Kawa

Minuman spesifik nenek moyang Minangkabau yang bermukim didaerah pegunungan. Dibuat dari daun kopi yang dikeringkan, lalu direbus.Disamping rasanya enak juga berkhasiat untuk menghangatkan tubuh .

5. Pangek Ikan Lapuak.

Makanan khas Kab.Tanah Datar yang menjadi icon Kecamatan Tanjung Baru, bahan dasarnya dari ikan tawar dicampur dengan rempah-rempah, dimasak dalam periuk tanah ( belango ) selam satu hari satu malam. Rasanya sangat enak dan tulang ikannya sangat empuk.

6. Pisang Sale

Pisang Sale bahan dasarnya dari piang yang telah dikeringkan, tanpa memakai bahan pengawet. Terdapat di Kecamatan Salimpaung.

 

 

 

7. Kerupuk Kulit.

Umumnya di Sumatera Barat masing – masing kabupaten mempunyai produksi kerupuk kulit. yang menjadi ciri khas lain adalah dengan rasanya yang gurih .

 

 

(Dinas Kebudayan & Pariwisata)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s