Sate Padang Panjang Mak Syukur


detail berita

Bukan saja pemilihan jenis daging yang terasa sangat empuk dan lembut di lidah, namun bumbu sate padang Mak Syukur terasa gurih/ist
PERBEDAAN rasa masing-masing sate kadang sulit diungkapkan. Namun, penggemar fanatik sate bisa sangat setia dengan cita rasa sate pilihannya.

Orang Padang, misalnya. Selera sate padang terbagi dalam dua “kubu” mayoritas, yakni gagrak Padangpanjang yang berkuah kuning dan gagrak Pariaman dengan kuah kemerahan. Sementara sate madura, umumnya menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap.

Beda bumbu, beda pula isinya. Sate padang contohnya, banyak mengambil bahan dasar daging dan lidah sapi. Bahkan, pada beberapa warung sate padang, banyak ditawarkan sate jeroan sapi, seperti jantung, usus, atau tetelan.

Di Kota Padang, ada beberapa sate yang selalu dicari, yaitu sate Mak Anjang di Bukittinggi, sate Mak Syukur di Padangpanjang. Di antara semuanya yang selalu dicari dan banyak penggemarnya adalah sate Mak Syukur.

Perintis sate Mak Syukur ini adalah Syukur Sutan Raja Endah sejak tahun 1947. Dan di tahun 1984 sampai sekarang dikelola putra bungsunya, Syafril Syukur. Kedai yang terletak di dekat terminal bus Rawamangun ini merupakan salah satu cabangnya di Jakarta.

Bukan saja pemilihan jenis daging yang terasa sangat empuk dan lembut di lidah, namun bumbu sate padang Mak Syukur terasa gurih. Lantas, apa perbedaan antara sate padang Mak Syukur dengan sate padang lainnya? Perbedaannya terletak pada cita rasa bumbunya. Kuah sate padang di sini terasa sangat tajam rempah-rempahnya. Rasanya juga pedas, dengan kari daging yang begitu terasa minyaknya.

Selain sate padang, rumah makan ini juga menyediakan nasi goreng yang berwarna kemerahan. Rasanya begitu nikmat dan berbau bumbu padang. Sunggu layak untuk dicoba. Soal harga, tak usah khawatir. Pasalnya, seporsi sate padang dihargai Rp15.000. Sedangkan untuk nasi goreng padang, Anda cukup membayar Rp12.000.

Nah, jika Anda ingin bertandang ke sate padang Mak Syukur, Anda bisa mendatangi Jalan Pengambiran No 37 Rawamangun, Jakarta Timur. Jam buka setiap hari dari pukul 10.00-22.00 WIB.
(tty)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s