Calon Mobil Tercepat di Dunia Lahir China Shanghai


img

Shanghai – Persaingan sebagai mobil tercepat kini dimulai lagi. Setelah sebelumnya hanya diperlihatkan dalam bentuk foto semata, kini calon mobil tercepat di dunia, Shelby SuperCars (SSC) Tuatara hadir di dunia nyata. SSC memperlihatkan Tuatara di Shanghai.

SSC yang juga memproduksi ‘mantan’ mobil tercepat di dunia Ultimate Aero TT melakukan debut dunia untuk Tuatara di Shanghai, China. Mobil ini diklaim bisa berlari hingga kecepatan 275 mph atau sekitar 442,5 km perjam.

SSC Tuatara (Motorauthority)

Dipilihnya China sebagai lokasi peluncuran SSC Tuatara ini bisa jadi karena fenomena ekonomi China yang terus menguat membuat pasar mobil disana terus merangkak potensinya. Apalagi, disana, SSC selain memperkenalkan Tuatara juga mengumumkan distributor baru mereka untuk kawasan Asia, SSC Asia.

“Mengumumkan produk kami di sini, di Shanghai untuk kawasan Asia adalah satu lagi realisasi mimpi sadar SSC,” kata Pendiri dan CEO SSC Jerod Shelby seperti detikOto kutip dari Motorauthority, Sabtu (13/8/2011).

Nama Tuatara (dibaca twu-tar-ah) sendiri terinspirasi dari nama seekor kadal di Selandia Baru yang diambil dari bahasa Maori. Kadal ini memiliki DNA yang yang paling cepat berkembang di dunia. Itulah yang diinginkan Shelby pada supercar terbarunya.

SSC Tuatara (Motorauthority)

Tubuhnya, SSC Tuatara menggunakan bahan carbon fibre, baik untuk body maupun sasis. Hal ini untuk menjaga bobot tubuh SSC Tuatara tetap ringan tanpa melupakan kekuatannya.

Sementara dapur pacunya akan diisi oleh sebonggol mesin twin-turbocharged berkonfigurasi V8 yang akan memiliki kapasitas 7.0 liter.

Mesin tersebut lalu dikawinkan dengan transmisi manual 7 percepatan yang akan disalurkan lewat roda belakang. Kabarnya, transmisi ini adalah transimisi yang sama dengan transmisi Porsche 911 terbaru.

Dan untuk kemampuannya, mesin gila tadi mampu menyemburkan tenaga sampai 1.350 tenaga kuda dan kabarnya sanggup membuat SSC Tuatara melesat cepat hingga kecepatan 442,5 km per jam.

Dengan kemampuan tersebut, SSC Tuatara diprediksi akan mematahkan predikat mobil produksi tercepat di dunia yang masih dipegang oleh mobil super eksklusif dan super mahal, Bugatti Veyron Super Sport dan membalaskan dendam Ultimate Aero yang sebelumnya memegang predikat itu dikalahkan Bugatti Veyron.

( syu / ddn ) 

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s