Berbagai Tips buat Holiday’s


Saat sedang berlibur di daerah-daerah cantik Indonesia, kadang-kadang hal yang paling membingungkan adalah: berapa uang tip yang perlu saya beri? Apalagi di Indonesia, memberikan tip bukanlah suatu kebiasaan.

Sebenarnya memberi uang tip adalah pengaruh Barat dan bukan budaya lokal. Tujuan utama dari memberi uang tip adalah menunjukkan bahwa Anda puas dengan pelayanan yang diberikan. Biasakan memberi tip yang lebih banyak bila Anda merasa puas dengan layanan tersebut.

Tip di Restoran
Saat Anda makan di restoran yang bernuansa Barat atau restoran kelas atas, berikan tip sebesar 10 persen dari total harga (sebelum dikenakan pajak). Perhatikan pula apakah restoran tersebut mengenakan 21 persen untuk biaya pelayanan dan pajak. Jika tagihan Anda sudah termasuk dengan biaya pelayanan, maka Anda dapat mengurangi tip yang akan Anda berikan atau tidak memberikan sama sekali.

Jika Anda di Bali, sebagian besar restoran kelas menengah-atas mengharapkan tip layaknya persentase di negara-negara Barat, yaitu sebesar 15-20 persen. Tapi tidak akan menjadi masalah jika Anda memberikannya kurang dari itu.

Tip untuk Waiter
Berikan tip jika memang Anda merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Rata-ratawaiter mendapatkan tip Rp 5.000 -Rp 15.000. Tapi berikan lebih untuk wine connoisseur jika Anda membutuhkan jasanya untuk pemilihanwine.

Tip untuk Taksi
Untuk taksi, umumnya dibulatkan ke kelipatan 1.000. Bila Anda mengendarai taksi di bawah Rp 10.000 tidak ada salahnya Anda bulatkan menjadi Rp 10.000 sebagai uang tip.

Tip untuk Porter
Porter yang biasa membawa tas Anda ke kamar hotel bisa Anda berikan tip sebesar Rp 5.000 – Rp 10.000.

Daerah Tertentu
Daerah-daerah yang penuh dengan wisatawan asing, biasanya mengharapkan tip yang lebih besar daripada daerah-daerah yang minim wisatawan asing. Hal ini akibat terbiasa diberikan tip hingga 20-25 persen oleh wisatawan asing.Travel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s