Sarapan tradisi 100 tahun lalu


DSC_0033Pesisir Selatan merupakan kabupaten yang terletak di ujung selatan provinsi Sumbar dengan ibu kabupaten Painan. Di daerah ini, ada sebuah daerah bernama Batang Kapeh. Perjalanan ke sana, memakan waktu sekitar 30 menit dari Painan. Selain memiliki potensi pantai indah, daerah ini juga dikenal dengan makanan spesifik dinamai pinukuik.

Selintas, nama tadi terasa asing. Tapi kalau sudah mencoba, Hmmmm….Yummmy……. anda bakal dibikin penasaran ingin nambah dan nambah lagi. Pinukuik sejenis makanan ringan. Berbentuk bulat pipih dengan warga putih sedikit kecoklatan. Terbuat dari bahan beras yang dihaluskan—terlebih dahulu direndam dengan air.

Dalam pengolahannya, pinukuik dicampur bersama sejumlah bahan lain. Seperti; kelapa dan bumbu alami sebagai penyedap. Proses memasaknya menggunakan cetakan berbentuk loyang (cetakan logam). Dibakar dengan serabut kelapa. Soal harga, tidak terlalu memberatkan kocek. Biasanya, dijual seharga Rp 500 per buah. Makanan ini lebih nikmat disantap pada pagi (sarapan) plus segelas kopi atau teh panas.(tos)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s